Punya Fungsi Control dan Monitoring Awasi Praktek Korupsi

Ketua DPD Laskar Anti Korupsi Indonesia Provinsi Kalimantan Timur, Andi Agussalim, menyerahkan SK Koodinator LAKI Kecamatan Muara Badak, H Mardin Jalil. SONNY LEE HUTAGALUNG/KATABORNEO.COM

KUTAI KARTANEGARA – KATABORNEO.COM
Dewan Pimpinan Daerah Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Provinsi Kalimantan Timur mendatangi Desa Salo Cella, Minggu 19 Juli 2020. Di desa yang berjarak 50 kilometer dari Kota Samarinda, kepengurusan LAKI di di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, dikukuhkan. Mereka yang dilantik, diminta mengawasi potensi kerugian negara di 18 desa dalam wilayah kecamatan setempat.

“Bapak berhak memantau, mengkritisi, untuk bisa mengangkat harkat dan martabat warga disini,” kata Ketua DPD LAKI Provinsi Kaltim, Andi Agussalim, dalam amanat pelatikan Koordinator LAKI Kecamatan Muara Badak yang digelar sederhana.

Andi Agus menegaskan, banyak hal yang memang tidak sepantasnya dilihat atau dirasakan masyarakat. Namun selama ini hanya dipendam oleh masyarakat, meski terjadi di depan mata. Sebab banyak pertimbangan jika mengungkap hal yang dinilai menyimpang.

Pelantikan Koordinator LAKI Kecamatan Muara Badak pada Minggu, 19 Juli 2020, dilakukan sederhana di halaman rumah yang dijadikan kantor di Desa Salo Cella, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara. SONNY LEE HUTAGALUNG/KATABORNEO.COM

“Sekarang ada organisasi (LAKI) yang dilindungi undang-undang. Kalau bukan kita yang lakukan (pengawasan), siapa lagi? Terima kasih atas semangatnya (bergabung di LAKI). Mudah-mudahan pemuda di sini mau bergandengtangan untuk kebaikan desa ini,” katanya.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang LAKI Kabupaten Kutai Kartanegara, FB Jemmy S, mengakui momen ini menjadi tonggak sejarah bagi DPC LAKI Kukar. Sejak terbentuk di Kukar, itu yang pertama menggelar pengukuhan sekaligus penyerahan Surat Keputusan Koordinator Kecamatan.

“Saya salut atas upaya pak haji (Ketua Koorcam Muara Badak, H Mardin Jalil). Biar sudah tua tapi semangat muda. Gigih menemui saya ke Tenggarong, memohon jadi anggota LAKI,” ujarnya di acara yang sederhana tanpa banyak undangan.

Dijelaskan Jemmy, LAKI pada dasarnya harus bermanfaat bagi masyarakat, pemerintah dan aparat hukum. Sinergi dengan unsur tersebut, tapi tidak selamanya harus berjalan bersama. “Jika ada yang harus ditegur, ya harus ditegur. Begitu sebaliknya, ketika ada hal (dilakukan LAKI) tidak sesuai arahan, maka camat atau Kapolsek setempat juga akan menegur,” tegasnya.

Bicara pengawasan, Jemmy menyebut banyak anggaran negara dialokasikan untuk membiayai pembangunan. LAKI memiliki fungsi pengawasan dan monitoring atau pemantauan. LAKI Muara Badak diharap dapat menjalankan fungsi tersebut, agar jangan sampai ada praktek korupsi yang merugikan keuangan negara.

“Muara Badak ada 18 desa, kami serahkan kepada koordinator. Meski sudah tua tapi semangatnya luar biasa. Jika ada hal sulit dipecahkan, silahkan koordinasi dengan DPC,” ujarnya kepada para perwakilan pengurus yang dilantik.

Meski tampak sudah tua dalam usia, Koordinator LAKI Kecamatan Muara Badak tampak berjiwa muda dan energik. SONNY LEE HUTAGALUNG/KATABORNEO.COM

“Desa ini sudah 40 tahun, masih begini kondisinya. Mohon dibantu bagaimana akses ini bisa lebih baik, dan cepat jika hendak ke kabupaten,” harap H Mardin Jalil yang tampak energik meski telah berusia 65 tahun. Ia didampingi Rusli serta Syamsir selaku Sekretaris dan Bendahara Koorcam LAKI Muara Badak.

Ditambahkan Sekretaris DPC LAKI Kukar, Apriyadi, perlu kerja sama yang baik sesama pengurus. Saling bahu membahu, agar dapat membantu pembangunan setempat menjadi lebih terarah. “Perlu kita awasi ADD (Alokasi Dana Desa) dan APBD, agar jangan hilang tanpa ada pembangunan. Hal ini perlu jadi perhatian kita bersama,” ujarnya yang juga didampingi Bendahara DPC LAKI Kukar, Fitria Sholeha.

Dalam pengukuhan tersebut, hadir juga dua pengurus DPD LAKI Kaltim. Yakni, H Sahrul yang menjabat Wakil Ketua 1 dan H Bambang Soetikno selaku Wakil Sekretaris. Sementara DPC LAKI Kota Samarinda, mengutus Dewi Irawati yang menjabat Bendahara.

Penulis : Sonny Lee Hutagalung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here